Wednesday, July 9, 2014

KDS 02 : Pangeran Ruby







Judul                  : Pangeran Ruby
Bagian dari          : Kumpulan Dongeng Sedunia
Penerbit              : PT. Gramedia Pustaka Utama
ISBN                   : 9794030430
Tahun                 : a long long time ago :)
Rating Cerita       : 5 of 5 stars




Pada zaman dahulu kala di negeri Persia seorang pengembara sedang berjalan ke kota dalam keadaan lapar dan tidak mempunyai uang. Ketika sedang berjalan dengan letih ia melihat sebuah benda berkilau di jalanan. Dipungutnya batu merah tersebut dengan niat hendak menukarkannya dengan sebungkus nasi.

Si pengembara tersebut terus berjalan hingga ia sampai di gerbang istana dan meminta ijin penjaga untuk menemui juru masak. Kepada juru masak si pengembara menunjukkan batu yang ditemukannya tadi, dan menawarkan untuk menukarnya dengan sebungkus nasi.

Si juru masak meneliti batu yang diberikan si pengembara dan terkejut saat mengetahui bahwa batu itu adalah batu berharga. Ia menasehati agar si pengembara menjual batu merah berharga tersebut kepada Syah pemimpin kerajaan mereka. Syah memang terkenal sebagai orang yang suka mengoleksi benda-benda berharga.
Si pengembara kemudian menghadap Syah, dan Syah sangat terpukau dengan keindahan batu merah tersebut. Syah kemudian membeli batu permata tersebut seharga satu kantong emas, harga yang sangat di luar dugaan di pengembara.

 Ketika Syah sedang mengagumi batu permata tersebut, tiba-tiba batu permata itu menghilang dan dihadapan Syah berdiri seorang pemuda tampan. Pemuda tersebut memperkenalkan dirinya sebagai Pangeran Ruby dan ia tidak mau menjelaskan latar belakang dan asal-usulnya.

Syah merasa dirugikan, ia sudah mengeluarkan uang banyak untuk membeli batu permata itu. Tapi kemudian sebuah ide muncul di kepalanya. Selama beberapa bulan belakangan ini seekor naga mengusik kerajaannya. Sudah banyak pasukan yang diutus untuk membunuh naga tersebut, tetapi tidak ada yang berhasil. Syah kemudian meminta Pangeran Ruby untuk membunuh naga tersebut dan berjanji akan menikahkan putrinya dengan Pangeran Ruby kalau ia berhasil memusnakan naga jahat itu.  

Pangeran Ruby berhasil menaklukkan naga tersebut dan akhirnya menikah dengan Putri Fatima, putri sang Syah. Pernikahan mereka cukup bahagia, tetapi Putri Fatima tetap merasa penasaran dengan asal-usul suaminya.  Ia kemudian terus menerus meminta suaminya untuk menceritakan tentang dirinya.

Ketika suatu hari mereka sedang berjalan menyusuri sungai Putri Fatima kembali menanyai Pangeran Ruby, tetapi tiba-tiba air sungai menggelegak dan Pangeran Ruby diseret kedalam sungai. Walaupun sudah mencari-cari Putri Fatima tetap tidak bisa menemukan suaminya.

Ia sangat menyesal, tak henti-hentinya menangis mencari suaminya. Hingga suatu hari pelayan Putri Fatima bercerita mengenai pemandangan hal dilihatnya di dekat sungai di malam hari. Si pelayan melihat air sungai terbelah dan sekumpulan orang keluar dari sungai untuk kemudian bernyanyi dan menari. Ada seorang pemuda tampan disamping seorang laki-laki tua yang duduk disinggasana. Pemuda tersebut terlihat pucat dan tidak bahagia.

Putri Fatima sangat yakin bahwa pemuda tersebut adalah suaminya. Ia kemudian menyelinap keluar dari istana pada malam hari dan bersembunyi di tepi sungai.

Seperti yang diceritakan pelayannya, sungai tersibak dan muncullah sekelompok orang didalamnya. Ternyata dugaan Putri Fatima benar,  pemuda tampan itu adalah suaminya!

Ketika musik dimainkan Putri Fatima keluar dari tempat persembunyiannya dan menari dengan indah dan gemulai.  Pria tua yang duduk di singgasana sangat kagum dengan tarian Putri Fatima. Sebagai hadiah atas hiburan tersebut pria tua tersebut bersedia mengabulkan satu permintaan Putri Fatima.

Sambil menunjuk pemuda tampan itu Putri Fatima meminta kepada pria tua itu untuk mengembalikan suaminya. Ternyata pria tua tersebut adalah dewa sungai dan Pangeran Ruby adalah anaknya. Dewa sungai kemudian mengabulkan permintaan Putri Fatima hingga kedua suami istri tersebut bisa berkumpul kembali.

Putri Fatima kemudian berjanji tidak akan bertanya lagi tentang asal-usul suaminya. Dan mereka berdua kemudian hidup dengan bahagia.

Ilustrasi-ilustrasi dari kisah Pangeran Ruby ini merupakan ilustrasi yang menghiasi cover depan buku Kumpulan Dengeng Sedunia. Seorang pangeran tampan yang sedang menebaskan pedang menghadapi naga raksasa. Bagaimana imaginasi seseorang tidak akan terbuai melihat ilustrasi ini :)

Kisah dari Persia ini merupakan salah satu cerita yang paling saya sukai di buku ini. Dulu sempet kesel ama Putri Fatima yang tidak mau mendengarkan permintaan suaminya, dan Pangeran Ruby memikat saya dengan wajahnya yang selalu terlihat murung itu...

2 comments:

  1. agak-agak mirip sama kisah danau toba ya, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh, iya ya? aku kurang familiar ama kisah danau toba :(
      ntar aku cari tahu deh :)

      Delete