Sunday, March 17, 2013

Knife : Pemburu Mantra (Faery Rebel #1) by R.J. Anderson




My rating: 4 of 5 stars





Bryony merupakan peri termuda di Oak. Sayangnya, karena adanya peristiwa Pencabutan yang terjadi beratus-ratus tahun yang lalu, Bryony dan para peri yang tinggal di Oak tidak lagi memiliki sihir, kecuali Ratu mereka Amaryllis.

Ratu Amaryllis-lah yang melindungi kehidupan mereka di Oak dengan sihir yang masih dimilikinya. Pada saat peristiwa Pencabutan terjadi, Ratu Amaryllis yang saat itu masih peri biasa sedang bertugas di dunia manusia sehingga sihirnya tidak ikut hilang. Demi kelangsungan hidup para peri yang rapuh tanpa sihirnya itu, Ratu Amaryllis membuat aturan-aturan yang membatasi warganya keluar dari Oak. Larangan untuk keluar dari Oak ini membuat Bryony resah dengan keinginan untuk melihat dunia luar.

Setiap peri yang tinggal di Oak memiliki tugas masing-masing. Ada yang berugas menjahit pakaian, mengumpulkan makanan ataupun menjadi pemburu. Betapa senangnya Bryony saat ini terpilih menjadi Pemburu. Ini berarti ia bisa keluar dari Oak dalam menjalankan tugasnya.

Tugas utama Bryony sebagai pemburu adalah melindungi Oak dan para peri dari serangan gagak yang sering memangsa para peri dan juga berburu makanan seperi kelinci untuk pasokan mereka. Ketika Bryony berhasil membunuh seekor gagak dengan senjata yang dicurinya dari Rumah, bangunan tempat tinggal manusia yang berada tidak jauh dari Oak, ia pun kemudian merubah namanya menjadi Knife.

Walaupun sudah bisa keluar masuk Oak dengan bebas, keingintahuan Knife tentang manusia tetap tidak terpuaskan. Ia sering mengintip para manusia yang hidup didalam Rumah sehingga ia tahu peristiwa apa saja yang terjadi dirumah itu.

Kemudian muncul seorang anak laki-laki di rumah tersebut. Sehari-hari ia hanya duduk di singgasana beroda tanpa mengucapkan sepatah kata pun, bahkan kepada orangtuanya. Dan pertemuan Knife dengan Paul, anak laki-laki tersebut, tidak terelakkan saat ia dikejar oleh seekor gagak dan jatuh pingsan di pangkuan Paul.

Sejak itu Knife sering bertemu diam-diam dengan Paul. Ia menceritakan sejarah kaumnya dan keingginannya untuk mencari tahu kenapa sihir kaumnya bisa hilang. Dengan dibantu oleh Paul, Knife memulai petualangannya untuk mengembalikan sihir kepada para peri.

Buku ini saya beli akhir tahun lalu. Covernya cantik dan sinopsis di belakang buku juga menarik. Tapi entah kenapa butuh waktu lebih dari 2 bulan bagi saya untuk meraih buku ini dan mulai membacanya. Dan sekali membaca saya tidak berhenti membaca. Malah setelah selesai buru-buru online buat nyari buku 2 dan 3-nya.

Yang saya suka dari buku ini adalah ketidak-rumitannya. Tidak seperti kebanyakan fantasi yang saya baca yang menyuguhkan dunia baru dengan tokoh-tokoh antik, hewan-hewan eksotis dan konflik berbelit-belit serta butuh berjilid-jilid untuk menamatkannya

Cerita dibuku ini sederhana saja, petualangannya juga tidak heboh-heboh amat. Lokasinya pun juga bukan di dimensi lain atau negeri antah berantah. Hanya di kota kecil yang tidak jauh dari London, Inggris.

Inti dari cerita ini adalah hubungan Knife dengan Paul. Dibubuhi dengan terungkapnya kisah yang menyebabkan terjadinya Pencabutan sihir para peri.

Saat Ratu Amaryllis tahu mengenai hubungan Knife dan Paul, ia memerintahkan Knife untuk membunuh Paul agar rahasia mereka tidak terungkap. Knife harus memilih mana yang paling berharga baginya. Kaummnya atau Paul? Tidak bisakah kedua saling berjalan berdampingan?



8 comments:

  1. covernya cantik, cerirtanya juga sptnyamenarik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba... belinya juga pas lagi ada obral buku, lebih nikmat bacanya. hehehehe...

      Delete
  2. kepingin buku ini juga. kayaknya lagi obral juga toko buku online. tadinya gak yakin mau beli, tapi liat ratingnya, jadi beli deh. hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. he..eh.. ga rugi belinya. masalahnya cuma satu sih.ini kelanjutannya ada diterjemahkan ga? biar bisa lengkap dikoleksinya. buku 2 saya baca ebooknya, buku ketiga belum ketemu :(

      Delete
  3. ebook buku 2 itu bahasa inggris atau indonesia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya barusan baca ini. Memang cukup menarik ya...

      eh, minta ebook-nya dong Mba Rie.. hehe..

      Delete
  4. #wishlist
    kepincut banget lah sama covernya....
    dan kedengarannya keren...
    ratingnya lumayan juga....

    ReplyDelete