Tuesday, March 31, 2015

[ATG – Playing Around With Romance] My Very First Romance Book







Yihaaaa...

Akhirnya rangkaian acara untuk menyambut ulang tahun Blogger Buku Indonesia yang keempat resmi dibuka.

Eh, udah pada tahu kan kalau tahun ini BBI mengadakan acara yang dinamakan Around The Genre in 30 days dan saya masuk ke dalam group genre romance?

Belum tahu??? Aissshhh... baca dulu keterangan tentang event ini dan jadwal acara grup romance di postingan yang ini ya :)

Di hari pertama ini, grup romance bakal ngomongin novel romance pertama yang mereka baca. Selalu ada yang pertama dalam segala hal kan?
Nah, setelah ngobrol-ngobrol mengenai novel pertama ini ternyata kebanyakan anggota grup romance dipengaruhi oleh penulis yang sama, yang tak lain dan tak bukan adalah THE GREAT MARGA T.!!!

Sayapun ngakak geli karena rasanya novel romance pertama saya itu juga karya Marga T. yang judulnya Dihatimu Aku Berlabuh. Novelnya dipinjem kakak saya dari perpus sekolahnya dan karena bukunya waktu itu dibagi jadi empat butuh lumayan lama juga menyelesaikan membaca buku ini. Bukan apa-apa sih, kata kakak saya antrian yang mau minjem lumayan panjang. Hahahaha...

Dihatimu Aku Berlabuh bercerita mengenai seorang gadis manis bernama Koleta. Dan ceritanya lumayan panjang, karena kisah dimulai dari ia baru masuk SMP dan diakhiri setelah menjadi seorang dokter. Novel ini terdiri dari empat buku, dan tiap-tiap buku merupakan sebuah fase dari kehidupan Koleta.

 Buku pertama bercerita mengenai kehidupannya saat ia masih SMP. Koleta termasuk gadis populer dan banyak yang naksir dengannya. Tapi nasib malang menimpa Koleta yang membuat ia terlambat satu tahun masuk SMA. Percintaannya dengan Ramses yang naik turun mewarnai jalan cerita buku kedua sampai keempat. Tapi jangan khawatir, novel ini disudahi dengan akhir bahagia.

Selagi mengingat-ingat isi cerita Dihatimu Aku Berlabuh tiba-tiba muncul sebuah ingatan lain. Sebuah novel romance terjemahan yang dipinjem kakakku dari temen sekolahnya. Waktu itu kakakku juga masih SMA.

Kalau ga salah judulnya diterjemahkan menjadi Sepanjang Jalan Kenangan (ingat karena ada lagu yang judulnya ini). Saya nggak ingat siapa nama pengarang atau penerbitnya, jalan ceritanya udah ga begitu jelas lagi diingatan, tapi ada satu adegan yang paling menonjol yang membuat saya tidak melupakan cerita ini.

Novel ini bercerita mengenai seorang gadis yang ditangkap oleh seorang tentara Red Coat. Rasanya si gadis dituduh sebagai mata-mata dan si tentara berniat membawa gadis tersebut ke markasnya. Tapi butuh satu minggu (kalau tak salah) untuk mencapai markas tersebut. Dan disepanjang perjalanan si gadis melakukan berbagai cara agar bisa kabur, tetapi selalu bisa dihalangi si tentara. Ternyata kebersamaan yang berhari-hari itu membuat keduanya jatuh cinta. Saya tahu endingnya bahagia tapi bener-bener nggak ingat bagaimana caranya agar mereka bisa bersama karena kedua berada di pihak yang berbeda.

Oh ya, adegan yang paling saya ingat dibuku ini saat si gadis mengunci pintu kamarnya di lantai dua penginapan agar si tentara nggak bisa masuk. Eh, pas berbalik ternyata si tentara udah nongkrong di jendela. Ternyata ada pohon yang lumayan tinggi di depan jendela kamar si cewek. Hehehehe...

Nah lho...? Ada dua novel yang rasanya adalah novel romance pertama yang saya baca. Saya nggak ingat lagi mana yang duluan mana yang belakangan karena timeline bacanya rasanya hampir bersamaan.

Oh iya, Sidney Sheldon bisa masuk romans ga ya? #maksa

Kalau bisa, ini berarti  Bulir-Bulir Pasir Waktu adalah novel romance pertama yang saya baca. Waktu itu saya masih SD dan sungguuuuhhh jatuh cinta ama Jaime, si pemberontak Basque. Romansanya dengan Megan membuat saya berdebar-debar :)

Iyaaaaaa... saya tahu genre utama Sidney Sheldon bukan romans. Hahahaha...

Tapiiii... sebelum membaca novel-novel romance yang saya sebut diatas saya udah membaca cerita-cerita romance juga lho. Dimana lagi kalau bukan di majalah Anita. Ini kakak saya juga yang rajin beli karena waktu itu saya masih SD dan belum punya uang jajan bulanan. Waktu itu dilarang-larang baca Anita karena dianggap masih kecil. Tapi saya sih cuek beibeh. Hehehehe...

Jadiiii... apa novel romance pertama yang saya baca?

Serius, saya juga galau mikirin jawabannya ^^;


Pengen tahu apa-apa aja novel romance pertama yang dibaca oleh para anggota grup romance? Silakan klik dibawah ini ya, siapa tahu ternyata novel romance pertama yang kamu baca sama dengan salah satu buku yang disebutin disini  :)



Oh ya, kunjungi juga postingan saya tentang Around The Genre - Playing Around With Romance ya. Silakan klik link ini :)

8 comments:

  1. Ya ampun mbak.. saya sd baca majalah bobo, mbak baca sidney sheldon ._.

    *menjura*

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca bobo sih jalan terus Lun. hahaha...

      Delete
  2. Sepanjang jalan Kenangan ini karangan siapa ya, mbak? Jadi penasaran, judlnya sama banget dengan judul lagu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia Siro. aku juga lupa... ^^;

      Delete
  3. Eaaaaa... Jadul abis ya ini buku =P
    Tapi Marga T. bagus sih. Hehehehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Phie, aku lebih suka Marga T. daripada Mira W. tapi setelah plot Marga T. mulai kacau aku brenti bacanya :(

      Delete
  4. jangankan baca Sidney Sheldon, waktu SD baca novellet aja udah ga tahan karena gambarnya sedikit. :))

    btw, adegan si gadis ngunci pintu tapi ternyata si tentara udah manjat bikin aku nahan ketawa ngebayanginnya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari jaman aku mulai bisa membaca aku udah dicekoki novel, buku dongeng ama komik sama ortuku Afifah. Jadinya terbiasa membaca cerita apapun jenisnya :)

      Delete