Sunday, April 12, 2015

Happy Birthday BBI




...HAPPY BIRTHDAY TO YOU
HAPPY BIRTHDAY TO YOU
HAPPY BIRTHDAY DEAR BBI
HAPPY BIRTHDAY TO YOU...



Dear BBI,

Selamat ulang tahun yang keempat ya...

Tidak disangka telah hampir empat tahun juga aku bersamamu. Tidak ada saat-saat yang menyedihkan, hanya ada kegembiraan.

Rasanya hampir setiap tahun aku berkata betapa bersyukurnya aku sudah mengenalmu. Aku masih ingat ketika kamu hanya berupa sebuah thread yang berisi daftar blog-blog yang khusus membahas buku. Mengunjungi semua blog-blog itu membuatku terpicu untuk membuat blog sendiri. Padahal aku sama sekali belum pernah ngeblog waktu itu.

Siang malam selama sebulan penuh aku belajar sendiri membangun dan menyusun blog bukuku. Mengubek-ubek kembali review buku yang pernah aku pasang di goodreads agar bisa menjadi postingan di blog. Bahkan setelah selesai membuat blog buku aku masih ragu untuk mendaftarkannya. Takut tidak memenuhi syarat. Baru setelah tiga bulan ngeblog aku berani mendaftarkan blog-ku.

Sekarang membaca ulang postingan-postingan awal itu membuatku sedikit malu. Isinya lebih ke arah menceritakan kembali daripada mereview. Mungkin yang baca postingan-postingan awalku pada sebel karena isinya spoiler melulu ^.^;

Dan itulah kesenangan bisa bergabung dengan kamu. Aku banyak belajar dari semua blog-blog yang aku kunjungi. Belajar membicarakan plot, tokoh-tokohnya, settingan tempat dan waktu, kover dan banyak lagi yang lainnya. Aku juga belajar untuk tidak takut menyampaikan pendapatku. Kalau buku itu memang tidak menarik minatku, aku akan mengatakan persis seperti itu. Selalu aku usahakan menggunakan bahasa yang sopan. Tapi kalau bukunya menurutku sudah sangat keterlaluan kadang  reviewku bisa menyakitkan juga...

Dari dulu aku adalah seorang introvert yang sangat pemalu, lebih suka mendengarkan daripada memberikan pendapat. Dan hampir semua teman-temanku adalah orang-orang yang hobi berbicara sehingga kadang aku tidak mendapatkan kesempatan untuk berkata. Tapi blog buku ini mengubahku. Aku bisa panjang lebar menyampaikan pendapatku tentang sebuah buku, kadang meninggalkan komentar di blog buku lain yang pemiliknya belum aku kenal. Bahkan sekarang ini aku cukup sering mengirimkan review bukuku untuk lomba.

Selain itu, di beberapa kesempatan mengadakan blogtour aku semakin sering berinteraksi dengan para pengunjung blogku. Nah, darimana lagi aku bisa punya kesempatan mengadakan  blogtour kalau bukan dari mengenalmu?

Menjadi bagian komunitasmu seperti membebaskan sebuah bagian dari diriku. Dari yang awalnya aku hanya membaca, membaca dan membaca sekarang aku diberi peluang untuk merenungi dan menyampaikan apa yang aku sukai dari sebuah buku, apa yang membuat aku memberikan bintang 5, 4, 3, 2, bahkan 1 untuk buku yang aku baca.

Kamu memberikan begitu banyak keuntungan buatku. Menambah wawasanku akan bacaan yang bagus, mendapatkan kesempatan untuk menjadi reviewer sebuah penerbit selama setahun, mendapatkan buntelan buku dari teman-teman BBI yang sangat baik hati dan banyak lainnya.

Dan yang kamu minta dariku hanya satu. Tetap mereview buku.

Sekarang empat tahun sudah usiamu. Setiap hari semakin imut, unik dan menarik. Semakin banyak dikenal oleh masyarakat pembaca buku. Dan doaku semoga BBI semakin memberikan pengaruh yang kuat dalam dunia buku Indonesia.

Selamat ulang tahun BBI tersayang. Semoga sukses selalu!



Love,

Ira






4 comments:

  1. salam kenal mbak ira. baru ini juga mampir ke sini. *asyik, dapat teman baru lagi* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mba Evyta, terima kasih sudah berkunjung :)

      Delete
  2. Salam kenal mbak. Duh, berasa tertohok baca ini .. hehe, secara kebanyakan review saya adalah menceritakan kembali. Uh, spoiler banget ya? Mencoba berubah deh, semoga bisa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh Mba Enggar, reviewku juga masih banyak bagian yang menceritakan kembali kok. tapi sekarang udah nahan-nahan diri nggak nulis spoiler. hahahaha...

      Delete